Senin, 08 Maret 2010

wisata Yogyakarta

LOKASI: YOGYAKARTA

Taman Sari Yogyakarta
Merupakan salah satu objek wisata sejarah Yogyakarta yang sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Taman Sari Yogyakarta juga memiliki potensi yang luar biasa. Selama ini para wisatawan yang berkunjung ke wilayah Yogyakarta seringkali hanya tertarik pada objek-objek wisata yang telah mendunia saja, seperti Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, Kraton Yogyakarta dan sebagainya.

Candi Sari
Berarti candi yang indah. Dan sesuai dengan namanya, bentuk candi ini ramping indah. Dengan puncak atapnya yang berhiaskan 9 stupa yang sama sebangun tersusun dalam 3 deret. Di bawah masing-masing stupa itu terdapat ruang-ruang bertingkat 2 yang di masa silam dipergunakan untuk tempat tinggal para bhiksu (pendeta); agama Budha; tempat untuk meditasi; dan tempat untuk mengajar kepada para siswa.

Kebun Binatang Gembira Loka
Yang mulai buka pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 ini berlokasi sekitar 4 kilometer sebelah timur Kraton Yogyakarta. Kebun Bintang Gembira Loka yang cukup dekat dengan pusat kota ini, para pengunjung bisa melihat berbagai jenis binatang seperti Gajah Sumatra, Buaya, Ular, Kera, Burung, dan masih banyak lagi yang terdapat disini.

Museum Dirgantara Mandala
Saat ini, Museum Dirgantara Mandala ini memiliki koleksi sejumlah 10.000 buah, 36 pesawat terbang, 1.000 foto, 28 diorama, lukisan-lukisan, tanda kehormatan, pakaian dinas, dan sejumlah koleksi buku yang disimpan di perpustakaan. Koleksi masterpiece Museum Dirgantara Mandala adalah replika pesawat Dakota VT-CLA milik perusahaan penerbangan India yang ditembak jatuh di daerah Ngoto, bantul oleh Belanda ketika hendak mendarat di Maguwo Yogyakarta.

Taman Pintar
merupakan salah satu lokasi taman bermain anak di Yogyakarta. Taman Pintar dibangun atas ide dari Pemerintah Kota Yogyakarta menanggapi realitas perkembangan sains. Terjadinya ledakan perkembangan sains sekitar tahun 90-an, terutama Teknologi Informasi yang pada gilirannya telah menghantarkan peradaban manusia menuju era tanpa batas. Perkembangan sains ini adalah sesuatu yang patut disyukuri dan tentunya menjanjikan kemudahan-kemudahan bagi perbaikan kualitas hidup manusia.

Waduk Sermo
merupakan satu-satunya waduk yang terdapat di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan luas genangan kurang lebih 157 Ha. Waduk sermo terletak di desa Hargowilis, kecamatan Kokap, kurang lebih 5 km di sebelah barat kota Wates. Keadaan air yang jernih membiru serta bentuknya yang berkelok-kelok menyerupai jari tangan dengan latar belakang perbukitan menoreh yang hijau.
Wisatawan dapat menikmati panorama waduk dengan berkeliling menggunakan perahu wisata atau melewati jalan lingkar aspal sepanjang 21 km. Wisatawan dapat melakukan kegiatan memancing, hiking, bersepeda. Kondisi alam waduk sermo juga sangat digemari para komunitas pecinta off road baik roda dua maupun roda empat. Bagi para wisatawan yang berminat mencicipi hidangan ikan air tawar, dapat mengunjungi warung makan yang berada di sekitar waduk sermo.


Pantai Siung
Terkenal dengan pasir putihnya, selain itu satu pesona yang menonjol dari pantai ini adalah batu karangnya. Terdapat sekitar 250 jalur pemanjatan terdapat di Pantai Siung. Bagi Anda yang mempunyai hoby bertualang, maka Pantai Siung ini cocok untuk dijadikan salah satu tujuan objek wisata pantai Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar